Featured

Gawat ! Taiwan keliru tembakkan rudal ke perairan China, satu orang tewas


TOPNetizen ~ Kapal perang Taiwan tak sengaja meluncurkan rudal supersonik anti-pesawat udara ke perairan China pada Jumat (1/7) sore waktu setempat. Rudal itu menghantam kapal nelayan, menewaskan satu awaknya.

Insiden ini dipicu kesalahan seorang awak Kapal Perang Hsian Li Sheng yang sedang berlayar di perairan sisi selatan Kota Kaohsiuing. Channel News Asia melaporkan saat sedang latihan rutin di selat Taiwan, prajurit itu malah menekan tombol peluncuran rudal.

Rudal jenis Hsiung-feng III buatan asli Taiwan itu kemudian meluncur hingga jarak 75 kilometer, memasuki wilayah Penghu, Tiongkok. Rudal itu menghantam pukat harimau di kapal berbendera Taiwan. Rudal ini tidak meledak, namun menimpa beberapa orang yang sedang menata jaring. Identitas satu nelayan yang tewas belum diungkap ke media.

"Kami bisa menjamin insiden peluncuran roket ini tidak dilandasi motif politik apapun," kata Chen Chung-chi, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan.

"Kami juga menyampaikan duka cita pada nelayan asal Taiwan yang menjadi korban jiwa atas insiden ini," imbuh Chen.

Wakil Admiral Mei Chia-shu mengatakan pihaknya segera menggelar investigasi mengapa latihan rutin bisa berujung peluncuran roket. Helikopter dan beberapa kapal patroli dikerahkan untuk mencari rudal yang tenggelam di Penghu.

Sejauh ini belum ada komentar dari Beijing mengenai insiden roket tersebut. Situasi antara Taiwan-China sedang tegang selama sebulan terakhir.

Pemerintah Tiongkok kecewa pada kebijakan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang berkukuh tak mengakui ideologi 'Satu China'. Sejak 25 Juni lalu, Tiongkok mengumumkan pemutusan segala bentuk komunikasi formal dengan pemerintah Taiwan.

Pemerintah China menyatakan Taiwan wajib menghormati konsensus 1992. Selama belum ada perubahan sikap, maka Beijing menolak berhubungan dengan Presiden Tsai.

"Kontak dan komunikasi dua pemerintahan saat ini sepenuhnya berhenti," kata An Fengshan, juru bicara China.

Konsensus 1992 adalah pengakuan China daratan dan Kepulauan Taiwan adalah satu bagian RRC.

Tsai, pemimpin Partai Demokrat Progresif (DPP), memiliki sikap menolak penyatuan kembali Taiwan dengan RRC. Pada Januari lalu, politikus wanita ini menang mutlak dalam pemilu, melengserkan pemerintahan Kuomintang yang dianggap rakyat Taiwan semakin pro-Beijing.


Resource : Merdeka.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Gawat ! Taiwan keliru tembakkan rudal ke perairan China, satu orang tewas"

Posting Komentar

close